3 Macam Alat Sterilisasi Medis di Rumah Sakit

Fina Dysiana/ Agustus 7, 2017/ Kesehatan/ 0 comments

Sterilisasi adalah proses menghilangkan mikro organisme patogen yang menempel pada satu alat atau benda dengan menggunakan cara fisik atau kimiawi. Proses sterilisasi dilakukan di banyak tempat seperti di klinik dan rumah sakit, industri minuman hingga pertanian. Proses sterilisasi ini jelas menggunakan sebuah alat yaitu sterilisator. Ada beberapa jenis sterilisator yang banyak kita jumpai di pasaran. Dan pada kesempatan ini kita akan mengulas beberapa jenis tentang alat sterilisasi medis di rumah sakit dan klinik.

Secara umum alat sterilisasi dibedakan menjadi tiga jenis. Sterilisator basah, sterilisator kering dan lampu uv sterilizer. Bagaimana penjelasannya masing – masing ? kita akan bahas secara singkat satu persatu.

1. Autoclave

Salah satu jenis alat sterilisasi medis yang paling banyak ditemukan di rumah sakit adalah Autoclave. Apa itu Autoclave ? Autoclave merupakan salah satu jenis alat sterilisasi yang bekerja dengan menggunakan uap panas pada tekanan tinggi. Autoclave secara fisik berbentuk seperti panci yang memiliki tutup. Di dalam alat inilah alat – alat kesehatan dikukus dengan uap panas sehingga bakteri dan virus mati hingga ke sporanya. Alat ini bisa dibeli di toko alat kesehatan yang jual autoclave lengkap dengan berbagai macam ukuran volume.

2. Sterilisator Kering

Sebenarnya alat ini memiliki kesamaan dengan jenis yang pertama. Yaitu sama – sama untuk sterilisasi alat medis. Hanya prinsip kerjanya yang berbeda. Autoclave disebut juga dengan alat sterilisasi basah karena menggunakan uap air yang panas. Sedangkan alat ini disebut sterilisator kering karena tidak menggunakan uap air. Alat ini bekerja dengan menggunakan radiasi inframerah pada suhu tinggi. Dari segi bentuknya juga berbeda, alat ini hampir menyerupai sebuah lemari pendingin atau kulkas.

3. Lampu UV Sterilisasi

Berbeda dari kedua jenis alat sterilisasi diatas. Lampu UV ini digunakan untuk melakukan sterilisasi di dalam ruangan untuk membasmi kuman atau bibit penyakit yang bertebaran di udara di dalam ruangan. Alat ini biasanya digunakan di ruang Operasi. NICU dan semua ruang yang ada di rumah sakit yang harus dalam keadaan steril.

Bila anda menginginkan informasi lengkap mengenai alat – alat tersebut seperti harga jual dan sebagainya. Anda bisa kunjungi Distributor Alat Kesehatan yang menjual alat kesehatan lengkap untuk rumah sakit dan klinik termasuk alat – alat sterilisasi medis. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*