5 Contoh Usaha yang Bisa Dijalankan Dengan Modal Kecil

Andi Wahidah/ Juni 25, 2017/ General/ 0 comments

Contoh Usaha

Fakta sekarang ini di Indonesia sudah ada banyak sekali pengangguran. Hal ini terjadi karena lowongan kerja yang tidak berbanding lurus dengan jumlah para pencari kerja. Itulah sebabnya mengapa pemerintah Indonesia saat ini sangat gencar menggalakkan usaha kecil menengah, agar bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja.

Di sekolah-sekolah dan juga perguruan tinggi sudah mulai menumbuhkan sisi kewirausahaan para pelajar sehingga nantinya bisa menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan di masyarakat. Para lulusan mahasiswa diharapkan tidak melulu mencari pekerjaan kantoran tapi membangun usaha sendiri dan bisa membuka lowongan pekerjaan.

Namun, permodalan juga seringkali menjadi masalah ketika seseorang ingin membangun usaha mandiri. Bahkan cukup banyak pemuda yang akhirnya memutuskan tidak melanjutkan usahanya karena kekurangan modal. Nah, di artikel ini akan diulas secara ringkas beberapa contoh peluang usaha modal kecil yang bisa dijalankan. Berikut ulasannya:

1. Konter Pulsa Elektrik Modal Minim

Bisnis pulsa bukanlah bisnis impian banyak orang tapi terbukti bisa menjadi tumpuan hidup banyak orang. Dengan modal yang relatif kecil, bisnis pulsa elektrik terbukti telah menelurkan banyak penjual pulsa di Indonesia.

Kebutuhan akan pulsa saat ini meningkat, dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Walaupun sekarang sudah cukup banyak metode untuk membeli pulsa yang bisa digunakan, tapi pembeli pulsa melalui konter pulsa elektrik cukup banyak hingga saat ini.

2. Bisnis Travel Luar dan Dalam Negeri

Bisnis ini cukup banyak kita temukan di Indonesia. Bisnis traveling ala backpacker ke luar negeri ataupun dalam negeri cukup banyak peminatnya lho. Bisnis ini cukup sederhana, dengan memanfaatkan sosial media sebagai media pemasaran, terbukti bisnis ini sangat menguntungkan bagi yang mau serius menjalankannya.

Cara mereka melakukannya cukup sederhana. Misalnya dengan cara melakukan survey tempat, lalu mencari orang yang berpengalaman atau tour guide untuk mendampingi wisatawan. Mereka menawarkan paket-paket menarik kepada konsumen, misalnya paket romantis, paket backpaker, paket keluarga, dan lain sebagainya.

3. Bisnis Katering Sayur dan Bumbu Mentah

Kebanyakan wanita saat ini sangat memperdulikan karirnya, sehingga mereka seringkali tidak punya waktu untuk membuat masakan ataupun bumbu khusus. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pengusaha rumahan.

Para wanita karir ini lebih memilih membeli paket sayur atau bumbu mentah siap masak, ketimbang belanja ke pasar dan mengolah semua bahan-bahan makanan dari awal. Jenis masakan yang sering dibeli adalah sayur capcay, sayur lodeh, dan lain-lain.

Para pengusaha rumahan ini pintar dalam hal meramu bumbu dan juga membuat masakan khas Indonesia. Itulah sebabnya bisnis ini cukup menjanjikan, karena pangsa pasarnya cukup besar.

4. Berbisnis Kue Kering

Bisnis kue kering pasti sangat banyak pelanggan ketika mendekati hari-hari besar khusus, misalnya lebaran, natal, dan tahun baru. Walaupun bisnis ini paling ramai di waktu-waktu tertentu, namun bisnis kue kering juga cukup banyak peminatnya sepanjang tahun. Menjaga komunikasi dengan pelanggan lama dan juga memberikan pelayanan terbaik adalah kunci keberhasilan berbisnis kue kering.

5. Berbisnis Laundry Kiloan

Bisnis laundry kecil-kecilan bisa dijalankan dari rumah, bila Anda sudah punya mesin cuci dan peralatan pendukung lainnya. Menjalankan bisnis ini sebenarnya modalnya cukup terjangkau bagi kebanyakan orang. Tapi bila Anda sama sekali belum punya peralatannya, kemungkinan besar modal di awal yang harus Anda keluarkan akan cukup besar.

Bisnis laundry ini sangat potensial karena sekarang banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci dan menyetrikan pakaian mereka sendiri. Apalagi bila Anda memberikan layanan tambahan, misalnya menjemput dan antar pakaian laundry maka akan membuat pelanggan tidak mau berpindah ke layanan lain.

Beberapa contoh usaha yang disebutkan di atas memang belum lengkap, masih ada banyak sekali contoh bisnis rumahan yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Memulai sebuah usaha itu pasti akan menemukan kendala di awalnya, di sinilah dituntut kerja keras dari para pelaku usaha agar bisa meraih keberhasilan dalam usahanya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*