Mengikuti Kursus Facebook Marketing Untuk Memajukan Bisnis

Eius Pursitasari/ November 20, 2017/ General/ 0 comments

Meski saat ini sudah semakin banyak social media yang ada, Facebook ternyata masih belum kehilangan peminat. Facebook masih memiliki massa yang cukup besar, dan merupakan ruang yang sangat cocok untuk berpromosi. Melihat hal ini, kursus Facebook marketing sekarang ini menjadi semakin berkembang.

Sekarang ini jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia sudah mencapai 1,3 Milyar. Untuk di Indonesia sendiri, ada kurang lebih 65 juta pengguna. Mungkin ada beberapa orang yang masih underestimate dengan jumlah ini. Tapi nyatanya Facebook masih memiliki banyak pengguna aktif. Penyebaran berita juga cukup banyak sharenya.

facebok marketing

Penyebaran iklan juga cukup banyak yang mendapat respon. Data di lapangan masih menunjukan bahwa Facebook belum kehilangan awarenessnya dan dengan berpromosi di Facebook kamu akan sangat terbantu untuk meningkatkan awareness dari brand yang kamu punya. Memasarkan produk di Facebook memang masih cukup efektif dan sudah banyak yang membuktikan bahwa Facebook masih cukup membantu dalam pemasaran. Bahkan tak sedikit yang bisa meraup banyak keuntungan hanya bermodal jualan di Facebook.

Strategi marketing di Facebook cukup berbeda daripada strategi marketing manual biasa. Strategi marketing digital memiliki beberapa trick khusus dan juga beberapa tool yang bisa dimanfaatkan.

Ada beberapa manfaat membangun strategi marketing di Facebook. Beberapa
manfaat tersebut diantaranya adalah :

  1. Facebook sangat mudah memviralkan suatu hal. Sebuah topik yang di share di Facebook, akan sangat mudah menyebar. Karakter pengguna Facebook memang seperti itu. Jika ada suatu fanspage yang kontennya cukup menarik dan shareable, mereka akan dengan mudah melakukan like dan secara terus menerus melakukan share. Penyebaran inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis atau produk yang kamu miliki.
  2. Objek pemasaran jauh lebih luas. Berbeda dengan social media yang lain, rentang usia pengguna Facebook lebih luas. Bahkan bisa dibilang, semua orang yang menggunakan internet di Indonesia, pasti memiliki akun Facebook. Ini menunjukan bagaimana Facebook merupakan ladang yang subur untuk berbisnis. Untuk statistik pengguna berdasarkan usia, ditemukan untuk rentang usia 18
  3. 24 tahun, didapati ada 51%. Untuk rentang usia 25-34 tahun, didapati ada sekitar 33%. Untuk rentang usia 35-44 tahun, didapati ada sekitar 10%.

Melihat statistik ini, target pasar yang kamu sasar bisa lebih beragam.

Fasilitas penunjang untuk pelaku bisnis juga dipermudah oleh Facebook. Fasilitas seperti fanspage, group dan juga Facebook Ads, sangat berguna  untuk pelaku bisnis bisa memasarakan bisnis mereka.

Maka dari itu mengikuti kursus Facebook marketing bisa jadi sangat membantu untuk mengembangkan bisnismu. Di kursus tersebut kamu akan diajari bagaimana strategi promosi digital di Facebook dan juga penggunaan tool yang bisa membantu dalam berpromosi. Tapi ada dasar yang harus kamu ketahui terkait Facebook marketing ini. Berikut beberapa dasar dari Facebook marketing yang harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum mengambil kursus.

#Facebook marketing berpusat di akun fanspage.

Facebook memiliki dua jenis akun. Yang pertama adalah akun personal. Akun ini biasa digunakan untuk kebutuhan personal seseorang. Jumlah friends di akun Facebook personal juga dibatasi, hanya 5000 friends. Jenis akun yang kedua adalah akun fanspage. Untuk memiliki akun fanspage, tetap harus membuat akun Facebook personal terlebih dahulu. Tapi pusat dari pemasaran dan promosi adalah di akun fanspagenya. Karakter akun fanspage berbeda dengan akun personal. Jika akun personal, jaringan yang dibentuk dengan member lain adalah berupa friends. Tapi untuk akun fanspage, jaringan yang dibangun berupa like, dan jumlahnya tidak terbatas.

Dengan mengetahui karakteristik ini, marketing Facebook akan lebih efektifjika menggunakan akun fanspage.

#Tingkatkan jumlah like di fanspage.

Jumlah like fanspage harus menjadi fokus. Orang-orang yang like fanspage kamu, bisa dipastikan merupakan orang yang cukup tertarik dengan produk milikmu atau bisnis yang kamu jalankan.
Mereka adalah calon-calon konsumen yang akan menjadi target pasarmu. Buat mereka yang sudah like fanspage mu merasa benar-benar mendapat manfaat, maka dari itu konten yang kamu post di fanspage harus benar-benar berkualitas.

#Bangun konten secara serius.

Kebanyakan orang yang tidak mengenal strategi marketing digital, di fanspage mereka akan mengupdate konten yang sedikit annoying. Maka dari itu, kursus Facebook marketing diperlukan. Kamu bisa belajar membuat konten yang berkualitas. Kontennya tidak hanya sekedar mempost gambar produk, tapi konten di fanspage ini benar-benar di develop dengan serius sehingga orang-orang yang me like fanspage tersebut benar-benar aware dengan produk atau bisnis yang
kamu jalankan.

Selain itu, rutin mengupdate konten juga harus menjadi perhatian.

#Update konten secara terjadwal.

Di tempat kursus marketing Facebook, biasanya kamu akan diajari menganalisa jadwal orang-orang aktif membuka Facebook. Dengan mengetahui jadwal tersebut, kamu bisa menentukan bagaimana penjadwalan posting konten di fanspage.  Hal ini sangat penting. Jangan sampai saat kamu sudah banyak posting, ternyata postinganmu tidak mendapat perhatian. Maka dari itu perlu menganalisa jadwal posting yang pas supaya apa yang kamu posting mendapat perhatian. Jika kamu sudah menentukan jadwal update konten, lakukanlah update secara konsisten. Biasanya tiap harinya, disarankan update konten 4-6 konten tiap harinya.

#Lakukan interaksi dengan orang-orang yang like fanspage.

Aktiflah berinteraksi dengan orang-orang yang like fanspage mu. Jika mereka bertanya, tanggapilah dengan ramah dan sesegera mungkin. Jika ada yang bertanya, setidaknya kamu bisa meresponnya 1×24 jam. Dengan tanggapan dan interaksi ramah yang kamu lakukan, orang-orang nantinya akan merasa nyaman dan akan lebih mudah lagi melakukan penjualan.

Demikian beberapa dasar yang harus kamu perhatikan dalam menjalankan marketing di Facebook. Untuk mengembangkan dasar ini, kursus Facebook marketing bisa kamu ikuti.

Dengan mengikuti pelatihan facebook marketing, segala strategi yang secara spesifik akan diajarkan. Mungkin kamu bisa menganalisanya secara pribadi, tapi kursus bisa menjadi jalan pintas, supaya kamu bisa segera mengaplikasikan strategi pemasaran di Facebook ini.

Dengan mengikuti kursus, kamu biasanya akan lebih fokus untuk belajar daripada harus belajar secara otodidak. Hal ini karena kamu didorong dengan pembayaran, maka kamu memiliki tanggung jawab untuk belajar dengan baik dan benar supaya uang yang kamu keluarkan tidak sia-sia.

Selain itu, dengan mengikuti kursus, kamu biasanya juga akan mendapatkan perangkat penunjang yang cukup lengkap untuk belajar maupun melakukan strategi marketing. Perangkat penunjang seperti tool facebook marketing, modul yang bisa kamu pelajari setiap waktu dan juga sertifikat yang bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan atau semacamnya. Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan kursus adalah, pastikan tempat kursus tersebut benar-benar berkompetensi.

Pengajarnya benar-benar internet marketer profesional dan cukup berpengalaman. Dan sertifikat yang dikeluarkan bisa diakui. Tidak ada salahnya untuk terus mendorong diri belajar lebih banyak. Ilmuyang didapat tentu saja akan sangat bermanfaat kedepannya. Selamat belajar di kursus Facebook marketing.

Kesimpulan

Untuk memajukan bisnis Anda, facebook merupakan salah satu yg tercepat, tapi cara lain seperti SEO, Adwords, Instagram, dll jangan sampai terlupa karena jika salah satu traffic source diatas mengalami masalah, Anda tidak akan panik nantinya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*