Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Yuli Agfansah/ Juni 1, 2017/ Kesehatan, Kuliner/ 0 comments

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan – Cengkah ibarat tanaman ajaib, bukan hanya bunganya, daun dan rantingnya pun dapat diambil manfaatnya. Cengkeh yang merupakan tanaman asli Indonesia ini ternyata selain untuk bahan pembuatan rokok juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Pengobatan menggunakan cengkeh juga sebenarnya bukan hal yang baru, bahkan telah dilakukan oleh orang-orang jaman dahulu. Hal ini dikarenakan cengkeh mengandung beberapa zat yang ternyata berguna untuk beberapa jenis penyakit dan kesehatan tubuh manusia.

Sebut saja minyak cengkeh, dalam minyak cengkeh ini selain zat antiseptik juga mengandung anti jamur, anti virus, anti mikroba dan afrodisiak. Semua zat-zat tersebut berguna untuk perawatan gigi.  Zat antiseptik pada cengkeh dapat membunuh kuman pada gigi berlubang.

Namun, mutu minyak cengkeh juga dipengaruhi kondisi peralatan yang digunakan seperti Mesin Perontok Cengkeh sebelum pengolahan.

 

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

  1. Meredakan Nyeri Sakit Gigi

Sakit gigi sangat menyiksa bukan? Daripada  keluar rumah membeli obat, sediakan di rumah anda minyak cengkeh karena ini akan membantu anda mengurangi nyeri akibat sakit gigi. Adapun untuk pemeriksaan lebih lanjut baiknya anda memeriksakan gigi anda ke dokter gigi, agar penyebabnya segera diketahui dan sembuh dengan sempurna.

Cara mengobati sakit gigi dengan cengkeh adalah dengan mengunyah cengkeh secara langsung. Jika tidak tahan bisa juga dengan menempelkan kapas yang telah dibasahi dengan minyak cengkeh pada gigi anda.

  1. Mencegah Inflamasi (Radang)

Cengkeh memiliki kandungan flavanoid yang memiliki sifat inflamasi. Selain berguna untuk pasien rematik, cengkeh juga dapat mengobati kondisi minor saluran pernafasan.

  1. Antibakteri dan jamur

Cengkeh adalah obat alami yang dapat  melawan bakteri  berbahaya pada perut. Zat yang ada pada cengkeh juga mampu melawan kuman pada mulut. Eugenol pada cengkeh juga mengandung anti jamur, zat ini sangat efektif untuk melawan penyakit kulit akibat cacing cincin.

  1. Menghilangkan rasa mual

Cara  menghilangkan rasa mual dengan cengkeh  dengan cara  minum segelas air hasil rebusan cengkeh. Bisa ditambahkan madu jika anda tidak  suka dengan rasanya yang sedikit pedas.

  1. Sebagai obat batuk

Cengkeh  juga mengandung ekspektoran alami, zat ini dapat berguna untuk mengencerkan dahak.  Caranya dengan mengunyah cengkeh meski rasanya sedikit getir dan pahit.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Masih kandungan eugenol pada cengkeh juga berguna untuk mencegah pembekuan pada darah dan mencegah stroke.

  1. Melawan Kanker

Cengkeh juga dapat membantu mencegah kanker pada paru-paru, saluran pernafasan dan kulit.

  1. Analgesik

Minyak cengkeh juga mampu sebagai analgesik atau obat penahan rasa sakit.

  1. Perangsang seksual

Sifat afrodisiak pada cengkeh dapat berguna untuk menaikan syahwat dan mengatasi ejakulasi dini.

  1. Meningkatkan sistem imun

Cengkeh juga dapat meningkatkan sistem imun yang berguna untuk melawan seluruh penyakit ringan dan mematikan.

Banyak kan manfaatnya? Sebagai tambahan informasi. Di Indonesia sendiri penghasil cengkeh terbanyak ada di Jambi. Ternyata bukan  hanya pengolahan minyak kelapa dan kelapa sawitnya saja ya yang terkenal di sana.

Begitu banyak bukan  manfaat cengkeh untuk kesehatan. Meski belum begitu populer, anda bisa menyediakan minyak cengkeh di rumah anda untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*