Tips mendaftarkan merek produk

Farida Rahmawati/ Oktober 10, 2017/ Berita/ 0 comments

hero-image-text-left-darker

Perlu diketahui, merek adalah bagian yang sangat penting berpengaruh terhadap suatu produk. Dan brand disini tidak hanya berupa nama, logo atau kemasan dari produk anda. Tetapi lebih dari itu, kesan baik dan buruk merupakan bentuk brand/merek yang sedang anda ciptakan dihadapan para konsumen anda.

Kualitas dan manfaat dari produk anda adalah bagian utama dari suatu brand. Cukup sampai disitu? Tidak. Sebuah brand atau merek memang harus diasosiasikan dengan nama, warna, tulisan tertentu. Sehingga lebih mudah dikenali, dieja dan disampaikan kepada khalayak. Maka munculah kemasan, logo serta nama dari produk anda.

Jika kita ingin membahasa tentang defenisi dari merek, maka merek adalah simbol, tanda, istilah maupun desain serta kombinasi dari semua faktor pembangun merek tersebut. Jika anda bisa mengasosiasikan semua komponen tersebut dengan baik, maka akan tercipta merek yang sangat kuat dipikiran konsumen. Layakanya Aqua dan The Botol.

Nah, bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran merek produk. Mungkin beberapa hal berikut ini perlu anda pertimbangkan terlebih dahulu

Menentukan nama

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan nama merek dari produk yang ingin anda daftarkan. Dalam tahap menentukan nama brand ini juga harus mempertimbangkan beberapa hal berikut seperti:

Nama brand anda harus mudah diingat. Ini penting sekali, brand atau merek yang mudah diingat akan besar sekali pengaruhnya pada penghematan biaya brand awarness kemudian hari. Selain itu, brand anda juga akan lebih mudah nancap dipikiran calon konsumen.

Memiliki makna

Merek yang memiliki makna juga sangat penting. Ada nilai-nilai filosofis dalam brand yang sedang anda bangun. Jadi, perlu dipikirkan nama yang cocok dan bermakna bagi produk yang ingin anda pasarkan

Fleksibel

Fleksibelitas brand sangat membantu dalam kreatifitas dalam memasarkan produk. Sehingga komponen yang satu ini penting juga untuk anda masukan ketika anda menentukan nama merek atau brand dari produk anda.

Legal

Nah, ini juga bagian yang sangat penting. Sebelum anda memerikan nama brand terhadap produk anda, pastikan nama tersebut belum terdaftar diperusahaan manapun. Ini dilakukan agar tidak menjadi masalah di kemudian hari sehingga merepotkan anda sendiri.

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan ketika ingin melakukan pendaftaran merek dari produk yang ingin anda pasarkan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*